Sunday, September 13, 2015

Pengobatan Kanker di Penang

Mencermati kondisi kurs mata uang saat ini, di mana kurs SGD terus menaik. Sedangkan kurs Ringit yang hampir senasib dengan rupiah. Saat ini banyak orang dari Indonesia yang saat ini lebih memilih Penang sebagai tujuan mencari pengobatan.

Salah satu teman saya ada yang terdiagnosa kanker pita suara. Karena sama-sama pengobatannya dengan chemo dan radiasi di bagian kepala. Saya coba bandingkan biaya pengobatan antara Singapore dan Penang untuk kasus yang hampir sama. Ternyata untuk biaya chemo kira-kira biaya nya sama dengan di NUH Singapore. Mungkin karena obat tersebut sama diimport dari USA ? Yang berbeda adalah biaya pengobatan dengan radiasi. Penang lebih murah. Jika dikonversi ke rupiah beda sekitar 50 juta rupiah. Juga biaya konsultasi ke dokter pastinya lebih murah di Penang dan yang harus menjadi pertimbangan paling besar adalah biaya akomodasi.

Jika di antara pembaca bertanya mana kualitas pengobatan yang lebih baik ? Maaf saya tidak bisa menjawab karena saya belum pernah berobat ke Penang. Tulisan ini hanya membandingkan dari sisi biaya saja melihat kondisi kurs rupiah saat ini.

Berikut pengalaman sahabat saya yang keluarga nya berobat ke Penang :

Mount Miriam Cancer Hospital Penang

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa pergi berobat ke luar negeri adalah proses yang rumit, tetapi sebenarnya mudah.

Kami tinggal di Bandung. Pada tahun 2012 ada anggota keluarga kami mengidap Breast Cancer. Setelah menjalankan proses pengobatan di Bandung dan Jakarta dalam kurun waktu yang cukup lama, kami menerima saran dari banyak orang dan dokter kami, bahwa proses dan biaya pengobatan di Malaysia boleh dipertimbangkan, kami pun mencari informasi lanjutan dan menghubungi beberapa Rumah Sakit dengan mengirimkan email. Akhirnya kami pun memilih Mount Miriam Cancer Hospital (MMCH) di Penang.

Pengalaman saya, dari pengiriman email pertama kali, tanggapan mereka sangat cepat dan ramah. Ada staff dari Indonesia yang berkomunikasi dengan kami dengan Bahasa Indonesia.

Untuk membuat janji pertemuan pertama, bisa siap dalam waktu 2-3 hari ke depan. Pada email lanjutan kami juga meminta gambaran biaya pengobatan atas rekomendasi dokter lokal, Pihak MMCH memberikan gambaran singkat atas biaya atas rekomendasi tersebut, namun pihak MMCH akan menganalisa kembali apakah cara ini sesuai dengan metode mereka.

Pihak MMCH juga memberikan gambaran biaya akomodasi di Penang, sehingga kami bisa berhitung sebelum memutuskan untuk pergi berobat ke Penang.

Dengan keterbatasan dana yang kami sekeluarga miliki, Dari estimasi ini, kami memperkirakan biaya proses rumah sakit pada saat itu hanya 30% dari biaya rumah sakit di Jakarta. Secara keseluruhan dengan akomodasi kami bisa berhemat lagi 20% bilamana kami pulang pergi ke Jakarta. Namun angka ini tidak bisa menjadi patokan karena setiap kasus pasti berbeda.                                                                                    

Website: www.mountmiriam.com
Tel: +604 - 892 3999 Fax:+604 - 890 1583
Email: enquiry@mountmiriam.com    
Office Hours:
8:30am - 5:15pm (Mon-Fri)
9:00am - 12:30pm (Sat)

Kami intensif berkomunikasi dalam waktu kurang dari satu minggu. Mereka membantu banyak hal yang sifatnya non teknis seperti penyediaan akomodasi dan penjemputan. Penjemputan dari airport untuk pertama kali disediakan cuma-cuma. Untuk akomodasi dan transportasi, kami diperkenalkan dengan agen perjalanan perorangan yang menawarkan apartemen sewaan. Agen perjalanan ini pun berbahasa Indonesia.

MMCH di mata saya sebagai orang Indonesia bukanlah rumah sakit dengan bangunan besar dan berliku-liku, dan rumit seperti rumah sakit yang saya pernah lihat di Jakarta, Bandung, mau pun Singapore. Sekilas rumah sakit ini seperti rumah sakit kecil, tetapi pengalaman yang saya alami sangat berbeda.

Sumber: www.mountmiriam.com

Saya kagum MMCH rumah sakit yang ringkas dan kompak baik organisasi maupun fasilitasnya. Jumlah dokter tidak banyak, namun selalu terlihat ditempat sepanjang hari sangat aktif. Fasilitas Ruang Konsultasi, Observasi, Lab, dan tindakan berdekatan. Dokter-dokter senior yang mungkin merangkap sebagai  petinggi rumah sakit pun terlihat sangat aktif melebihi jadwal dokter jaga di rumah sakit Indonesia, untuk menangani pasien dari konsultasi hingga proses pengobatan.

Berbeda dengan rumah sakit di Jakarta dan Bandung, dengan puluhan bahkan ratusan papan nama dokter terpampang di lobby tetapi jam nya terbatas. Pasien harus berpindah-pindah tempat baik di dalam  rumah sakit mau pun keluar rumah sakit sangatlah membingungkan dan melelahkan.

Peralatan yang ada di MMCH ini sangat komplit, malah menjadi rujukan dari RS pemerintah setempat. Terlihat banyak kendaraan rumah sakit pemerintah yang pulang pergi membawa pasien ke MMCH, tidak heran bila MMCH memiliki visi dan misi menjadi Rumah Sakit Cancer Terbaik Di Regional.

Pada saat kami konsultasi dan observasi ulang, penjelasan dokter memberikan informasi tentang cancer dengan baik, detail, dan cara menjelaskannya sangat menarik dan menyenangkan. Kami pun diajak membaca referensi obat. dasar pengambilan keputusan, dan resiko terhadap semua terapi yang akan dijalankan. Dari semua dokter yang menangani kasus ini, kami menilai dokter di MMCH ini yang terbaik buat kami.

Untuk pasien yang kurang mampu, janganlah sungkan untuk meminta diskon biaya. Pihak rumah sakit akan memberikan diskon biaya bilamana pasien meminta. Nilai yang diberikan akan dipertimbangkan oleh Rumah sakit setelah beberapa waktu dan proses wawancara.

Kami bergiliran mengantarkan dan menunggu pasien pada masa  Kemoterapi dan Radiasi selama kurang lebih 4 bulan. Namun kami selalu intensif kontak dengan dokter melalui email pribadi mendapatkan update sehingga kami merasakan perhatian penuh dalam proses ini.

Sekilas mengenai Penang
Penang merupakan destinasi pengobatan yang sedang menanjak popularitas nya. Berbagai macam fasilitas pengobatan dan kesehatan tersedia. Pasien bukan hanya warga Malaysia, tetapi banyak dari Indonesia juga.

Populer nya kota Penang sebagai destinasi wisata, membuka peluang-peluang bagi penduduk lokal untuk ikut terjun dalam bisnis ini antara lain akomodasi, transportasi, jasa pendaftaran ke Rumah Sakit, dan agen ke semua fasilitas ini.

Dari pengalaman saya, tidak perlu perantara atau Agen untuk  registrasi ke rumah sakit. Lebih baik langsung koresponden dengan pihak rumah sakit. Supaya informasi yang disampaikan tepat dan cepat. Karena mereka menyediakan staf khusus untuk pasien Indonesia. Yang saya membuat saya khawatir kalau ada agen perjalanan yang tidak dapat menjaga keutuhan data pasien akan sangat merugikan jika ada data yang hilang.

Untuk kebutuhan akomodasi dan transportasi, staf rumah sakit bisa bisa memperkenalkan agen akomodasi dan transportasi.

Pengalaman saya di tahun 2012-2013, kendaraan sewaan lebih unggul, mudah dan murah daripada taxi resmi. Bisa lebih hemat lebih dari separuh tarif taxi resmi. Beruntung kami mendapatkan agen yang baik, bisa berbahasa Indonesia, dan selalu standby kapan pun kami memerlukan bantuan transportasi. Dalam proses kami pun berkenalan dengan seorang pengendara yang baik sehingga beliau menjadi “sopir pribadi” kami di Penang.

Lokasi Airport ke kota cukup jauh, menggunakan Bis atau taxi resmi mau pun kendaraan sewaan. Waktu tempuh dari Airport ke kota kurang lebih 1 jam.Pusat kota lama adalah “George Town”, sedangkan pusat keramaian modern adalah “Gurney Street”


Sumber: Google Maps

Akomodasi terbaik di Penang untuk jangka pendek mau pun jangka panjang adalah sekitar Gurney Drive; Pesiaran Gurney, Jalan Kelawai,  Pusat aktifitas adalah Gurney Plaza, dam Gurney Paragon dimana kita mudah mendapatkan kebutuhan sehari-hari supermarket untuk rawat jalan jangka panjang.




Sumber:
https://farm6.staticflickr.com/5338/17001393640_e1369067f6_h.jpg

Lokasinya juga nyaman dekat dengan pantai dan sepanjang jalan Pesiaran Gurney adalah pusat kuliner. Area ini sangat nyaman untuk mengisi kekosongan waktu dengan berjalan pagi atau sore di sekitar pantai dan diakhiri dengan makan di pasar kuliner.



Untuk jangka pendek, daftar hotel dapat dicek dengan mencari kata kunci: "Hotel around Gurney Drive, Penang, Malaysia"
"Hotel around Mount Miriam Cancer Hospital, Penang, Malaysia"

MMCH letaknya agak jauh dari pusat kota, perjalanan kurang lebih 10 menit dari Gurney dan ada di dalam perumahan cukup lumayan jauh bila berjalan kaki, atau perlu berganti bis. Namun saran saya menggunakan taksi dan mobil sewaan adalah yang terbaik.


Sumber: Google Maps

Di sekitar MMCH juga banyak rumah penduduk yang dapat disewa dan lebih murah dari Gurney, akan tetapi untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari jarak berjalan kaki agak jauh.

Selain di Gurney, masih banyak sewaan rumah dan kamar di lokasi lain harga beragam. Masih berdekatan dengan Gurney drive, saya melihat banyak apartemen sewa di sekitar jalan Tanjong Tokong,

Perkiraan Biaya Akomodasi pada tahun 2012-2013
Sewa Kamar harian di sekitar Apartmen Gurney,
Sharing Apartment, Kamar Mandi Luar RM60-80
Sharing Apartment, Kamar Utama, Kamar mandi dalam RM 80-100
1 Unit Apartment, 1 KM Utama 2 KM Anak, RM180-250

Sewa Kamar di sekitar Tanjong Tokong dan lokasi lain
1 Unit Apartment, 3 Kamar RM150-180
Apartment Hotel RM120

Sewa Kamar (sharing) di rumah-rumah sekitar MMCH
1 Unit Kamar RM50, 1 Unit Rumah RM150-180

Perjalanan Taxi Gurney Drive - MMCH
RM7-10 / Trip

Harga Makanan di Hawker Center
RM5-10

Harga Makanan di Mall
RM7-15

Mengisi waktu luang
Untuk mengisi waktu di Penang, banyak tempat menarik, untuk disinggahi dengan berjalan kaki di sekitar kota tua.

Untuk mencapai tempat wisata utama tersedia bus wisata gratis yang singgah di berbagai tempat wisata di Penang. Untuk informasi kota Penang dapat dilihat di sini:

http://www.visitpenang.gov.my/
http://www.tourismpenang.net.my/
http://www.penang.ws/

Hal-Hal yang perlu dipertimbangkan
Selain biaya akomodasi Penang yang lebih ringan dari biaya di Singapore, perlu mempertimbangkan bahwa saat tulisan ini dibuat tahun 2015, penerbangan ke Penang terbatas.

Beruntung pada pertengahan tahun 2012 kami masih mendapatkan penerbangan langsung antara Bandung - Penang - Bandung dengan Airasia. Pada akhir tahun 2012 penerbangan langsung sudah tidak ada, digantikan dengan transit di Kuala Lumpur dan berganti pesawat.

Selain transit Kuala Lumpur, alternatif transit lainnya adalah kota Medan, dan dapat melanjutkan penerbangan Medan - Penang.

Semoga bermanfaat, Tuhan Menyembuhkan dan Tuhan memberkati.

Update tulisan teman saya karena banyak pembaca yang tanya soal pengobatan di Penang :

Terima kasih sudah membaca blog kami.
Pengalaman penulis berobat ke Rumah Sakit Mount Mirriam Cancer Hospital (MMCH) pada tahun 2012, staf MMCH sangat membantu, dan ada staf yang dapat berbahasa Indonesia, yang siap membantu segala hal termasuk hal-hal non teknis seperti masalah akomodasi, transportasi, dll. Mereka pun bisa membantu mencarikan akomodasi di Penang.

Silakan menghubungi staff MMCH yang khusus menangani pasien dari Indonesia. Whatsapp +60165217044 atau BBM : 55E1075F.

Bisa juga kirim email dengan Bahasa Indonesia ke equiry@mountmiriam.com .  Untuk informasi terkini dapat melihat situs webnya : http://www.mountmiriam.com

Mengenai biaya secara umum pada tahun 2012, membandingkan dengan teman-teman lain, dari biaya periksa, biaya radiotherapy, chemotheraphy, lebih murah dari Rumah Sakit Pemerintah di Jakarta (non BPJS). Bahkan dengan biaya akomodasi dan tiket pesawat beberapa kali pun tetap lebih murah di Penang daripada di Jakarta. Tapi silahkan komunikasikan terlebih dahulu. Karena mungkin saja penanganan pasien dan kasusnya berbeda-beda.

Dan yang penting, tidak perlu menggunakan agent booking rumah sakit di Indonesia. Silakan saja langsung menghubungi MMCH. Perlu diingat data medis juga jangan diberikan ke pihak lain. Penulis lihat banyak agen pemesanan rumah sakit di Indonesia maupun di Penang yang mencari-cari kesempatan padahal prosesnya tidak serumit yang dibayangkan.

Untuk pertanyaan khusus, balasan cepat, bisa hubungi saya ke wnlukman@yahoo.com.


Terima kasih



3 comments:

arin said...

Halo pak, rekan kantor saya baru saja divonis mengidap Kanker Nasofaring oleh RS Sentosa Bandung, apakah bapak punya email supaya beliau dapat kontak / berbagi pengalaman mengenai pengobatan di MMCH?

mohon bantuannya..

terima kasih

NPC Survivor said...

@arin silakan email ke npcsurvivor@gmail.com
terima kasih kembali

Dorlen said...

Saya pernah nginap di penginapan ko Adrian dengan ibu Meliana yang 50 meter dari MMCH.

Saya juga pernah nginap di tempat mereka di Mewah Court. Pasar, warung makan, minimarket, halte semua dekat.

Nyaman penginapan mereka.

Telpon/ WA mereka di
Ko Adrian +60129036135 (bbm 7B4A5B83)
Ibu Meliana Panjaitan +60164590494 (bbm D8A95F83)