Friday, September 18, 2015

Pola Makan Bagi Penderita Kanker Nasofaring

Sumber : https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1124781144218635


Apa saja pola makan yang baik untuk pasien kanker nasofaring?

Banyak pertanyaan yang muncul dari masyarakat, bagaimana pola makan yang baik untuk penderita kanker nasofaring? Apa ada pantangannya?

Modern Cancer Hospital Guangzhou akan membahasnya untuk anda!

1. Bagi anda yang tidak suka sayur dan buah, harus mencoba membiasakan diri mengkonsumsinya karena selain memberikan vitamin pada tubuh, sayur dan buah dapat membantu melawan berbagai penyakit, salah satunya untuk kanker nasofaring. Dengan kita mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup secara rutin, akan dapat membantu pemulihan pasien dan menjaga kualitas anti body pasien.

•Konsumsi sayur dan buah ( 4-5 macam setiap hari ) seperti anggur,  apel, papaya, alpukat/kiwi/mangga, jambu merah/ strawberry/buah naga, jeruk dll. Bayam merah, bayam hijau, ginseng, daun papaya/bunga papaya, broccoli, bit, wortel, jagung dll.

•Pilih sayur dan buah yang berwarna menarik dan jangan mengkonsumsi jenis-jenis sayur dan buah yang sama dalam jangka waktu lama. Lebih baik secara kombinasi agar tubuh tidak kelebihan zat tertentu tapi kekurangan zat yang lain. Variasikan warna-warna buah dan sayurnya agar lebih menarik.

2. Makan kabohidrat bikin gemuk? Tapi bagaimana jika kabohidrat baik untuk kesehatan? Memang benar dalam studi ilmiah jika konsumsi berlebihan akan mengakibatkan obesitas, tapi kita tidak dapat menghentikan konsumsi kabohidrat.

•Untuk konsumsi sumber kabohidrat, pilih karbohidrat kompleks, contoh nasi merah, roti gandum dsb

3. Anda pecinta seafood? Apa saja jenis protein yang baik untuk tubuh? Coba simak informasi berikut. Khususnya untuk para pasien kanker!
Perbanyak makan ikan laut ( usahakan tidak makan cumi, kepiting, bandeng ), untuk ayam konsumsi ayam kampung atau ayam organic.

Apabila terpaksa makan daging merah ( daging sapi ) pilih yang rendah lemak . Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi daging merah sebanyak lima hingga enam kali seminggu meningkatkan resiko kanker. Untuk menurunkan resiko, Institut Kanker Nasional AS menyarankan kita untuk membatasi konsumsi lemak hingga 30%. Untuk pasien kanker sebaiknya tidak mengkonsumsi DAGING lagi karena ditakutkan akan berkembang sel kankernya

4. Apa diperbolehkan pasien kanker nasofaring mengkonsumsi susu ? Jawabannya tentu! Mari simak infonya
Untuk pasien kanker nasofaring boleh mengkonsumsi susu dan olahannya tetapi pilih yang rendah lemak atau susu kedelai. Untuk Yoghurt pilih rasa plain.
Sebaiknya mulai kurangi gula ( bisa diganti madu kalau terpaksa), makanan yang mengandung nitrit, pengawet, pewarna, diasinkan, diasap.

5. Kacang-kacangan juga baik untuk pola makan pasien kanker nasofaring, seperti kacang kedelai olahan : tahu, tempe, kacang merah.

6. Untuk pasien kanker sebaiknya kurangi gorengan. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang goreng / keripik kentang akan merangsang terbentuknya senyawa pemicu kanker yang bernama akrilamida.

7. Untuk para istri/ keluarga pasien kanker nasofaring dalam memasak, hindari memasak makanan dengan suhu tinggi

8. Dalam menghidangkan makanan yang bersifat goreng untuk pasien kanker nasofaring sebaiknya menggunakan minyak goring khusus seperti Canola Oil/Olive Oil, hanya sekali pakai. Tidak boleh dipakai berkali-kali.

9. Biasakan minum dengan air putih setiap hari minimal 8 gelas.  Hindari alcohol dan minuman soft drink. Lebih baik minum air putih 8 gelas sehari

10. Hindari cemilan enak tapi tak sehat, seperti cake, permen dan aneka dessert.
Ganti camilan dengan misalnya : jagung rebus, kacang rebus, edamame rebus, chestnut, dan polong-polongan / kacang merah.

11. Apabila membuat salad sayur dressingnya pakai campuran olive oil. Jangan pakai yang mengandung lemak tinggi.

No comments: