Saturday, November 15, 2014

Tuhan Kirim Orang-orang Baik Kepada Kami

Puji Tuhan selama tinggal di Singapore kami ditemani oleh pendeta dan istri, dan seorang penginjil. Mereka sangat membantu kami dan menguatkan kami. Tuhan tolong kami dengan mengirimkan orang-orang yang baik kepada kami.
 
Mendekati waktu radiasi saya makin cemas.

Salah satu pendeta di gereja kami didiagnosa NPC sama seperti istri saya. Beliau memberikan kesaksian waktu diradiasi beliau sangat menderita. Mulut dan kerongkongan nya sakit sekali. Sebelum makan dia harus pakai morfin dulu. Tidak bisa tidur karena sakit itu.

Saya merasa takut kalau istri saya mengalaminya juga. Saya cari informasi di internet dan di tempat lain, bagaimana cara mengatasi efek radiasi ini.

Puji Tuhan akhirnya ditunjukkan jalan. Saya melihat ada brosur NPC support group. Nama nya NPC One Heart. Saya coba whatsapp. Kemudian saya bertemu dan berkenalan dengan Mr Dave. Dia pimpinan NPC One Heart. Mr Dave adalah NPC survivor. Saat pertama bertemu saya lihat Mr Dave sangat sehat dan badan nya mirip atlet.

Dia sangat baik. Dia menjelaskan kepada kami bahwa sekarang NPC sangat bisa disembuhkan. Dia cerita kepada kami bagaimana dulu dia berobat. Cara mencegah efek radiasi. Kemudian dia mengajak kami untuk datang ke NPC seminar. Seminar mengenai efek kesulitan mendengar dan menelan karena efek radiasi.

Kemudian saya datang ke seminar itu. Saya ketemu para NPC survivor. Mereka sangat baik dan welcome. Yang paling berkesan saya bertemu dengan Mrs Sylvia. Dia seorang penyanyi opera dan terkena NPC. Mrs Sylvia sekarang sangat sehat. Saya terkesan dan saya ingin istri saya ketemu dia.

Saat saya utarakan keinginan saya. Mrs Sylvia setuju dan besok pagi dia mau datang ke apartemen tempat saya menginap. Wow saya tidak menyangka dia menyempatkan diri sengaja datang.

Kemudian saya mendapat info dari salah satu peserta seminar bahwa ada NPC support group yang berbeda dan berada di bawah naungan rumah sakit SGH.

Saya coba menghubungi support group di SGH itu. Kemudian saya kenalan dengan TC. Dia juga orang yang sangat baik. Dia bersedia datang ke apartemen kami untuk bertemu dengan istri saya. Jadi besok pagi  saya punya 2 orang tamu hahaha. 

Yang pertama datang adalah TC. 14 tahun yang lalu dia didiagnosa NPC. Dia sekarang melakukan pelayanan dengan  membantu penderita NPC baru. Dia sudah membantu sekitar 300 orang. 

Dia minta semua data klinik istri saya. Dia jelaskan semua cara untuk mengurangi efek radiasi.

1. Minum cooling liquid seperti chrysantemum, juice pear korea, atau barley sebanyak mungkin.
2. Minum manuka honey 10+
3. Pakai getah lidah buaya di leher supaya kulit tidak rusak.
4. Sering kumur dengan air garam.

Kemudian TC menginstruksikan supaya istri saya latihan mulut dan leher setiap hari. Karena efek radiasi urat mulut bisa kaku jika tidak dilatih. Mulut tidak bisa dibuka sama sekali. Leher juga sama bisa kaku sehingga tidak bisa menengok ke kiri atau ke kanan.

1. Latihan mulut. Buka tutup mulut lebar-lebar, sehingga kira-kira 4 jari masuk. Lakukan minimal 10x sehari.
2. Senam leher. Tengok kiri dan kanan  dan atas bawah beberapa kali.


Contoh latihan mulut dan leher :

https://www.youtube.com/watch?v=Gx8lmTiov3A

Kemudian sore datang mrs Sylvia. Dia membawa minuman cooling liquid. Resep nya : buah pear, jamur putih, kacang almond direbus. Kemudian rebusan itu diminum. Dia juga menyuruh istri saya supaya latihan mulut dan leher. Saya harap semangat istri saya bertambah kuat, karena melihat Mrs Sylvia yang begitu sehat dan mempunyai semangat hidup yang tinggi.

Mereka semua orang-orang yang baik. Setelah menderita kanker mereka kemudian membantu orang lain yang senasib dengan mereka. Salut!

Setelah bertemu mereka hati saya menjadi mantap untuk istri saya menjalani radiasi.

Saya yakin ini pertolongan Tuhan juga. Bisa bertemu dengan mereka.

Saya cari manuka honey. Ternyata banyak sekali merk dan level nya dengan penanda yg berbeda-beda.

Saya googling ternyata manuka honey ini ada sertifikasi nya. Yang baik ini penanda nya adalah UMF dan perusahaan harus terdaftar di website sertifikasi tersebut.


Ini buku dari website SGH hospital tentang manuka honey dan aloe vera:

https://www.healthxchange.sg/cancer/nose-cancer/aloe-vera-manuka-honey-radiotherapy

Nose Cancer : Managing the 4 Major Side Effects of Radiotheraphy :

https://www.healthxchange.sg/cancer/nose-cancer/nose-cancer-managing-four-major-side-effects-radiotherapy

Managing the common side effects of radiotheraphy :

https://www.healthxchange.sg/cancer/nose-cancer/managing-common-side-effects-radiotherapy

Penulis nya adalah TC. Dia orang yang baik dan banyak menolong patient NPC. Forum ini adalah NPC support group dari SGH hospital.
NPC group dari NUH hospital :


Saya bergabung dengan banyak support group. Masing-masing support group mempunyai kelebihan tersendiri. Dari mereka kita bisa belajar banyak hal yang sangat berguna.

Blog yang banyak informasi penting :


Buku yang bagus membahas head & neck cancer :

NPC support group di FB (Nasopharyngeal Carcinoma Awareness) :



No comments: